Membuat Table di Oracle

Lansung saja to de poin

Caranya :

1. Pastikan kalian sudah menginstall oracle di komputer kawan-kawan

 

 

 

 

 

 

2. Berikutnya kawan-kawan yang baru menginstall Oracle,akan dimintai untuk melakukan pengkoneksian terlebnih dahulu.Maksudnya dari koneksi ini sendiri ialah bahwa di Oracle berbeda sistem database nya dengan yang lainnya.Kalau di mySql,database beserta table-table nya berada dalam satu storage.Berbeda dengan oracle,database dan table berada dalam storage yang terpisah.Cara untuk membuat database baru di Oracle akan kalian dapatkan saat kalian selesai melakukan penginstalan atau bisa di lihat di postingan saya berikutnya..hehehe.Dan visualisasinya seperti di bawah ini

 

 

 

 

 

 

 

Jika kawan-kawan melihat ada lingkaran merah yang di lingkari, itu maksudnya adalah hal-hal yang lumayan penting dalam pembuatan Table baru.Dilihat dari kolom yang atas,kawan-kawan diminta untuk mengisikan nama koneksi yang akan di gunakan di setiap login atau pembuatan aplikasi lainnya yang berhubungan dengan table-table yang ada di dalamnya.Setelah semuanya terisi,ada baiknya kawan-kawan mencoba di ‘test’ terlebih dahulu,apakah koneksi berhasil atau tidak.Kalau masih belum berhasil,coba sedikit di ubah-ubah lagi pengisiannya.

3. Setelah berhasil dan masuk dalam oracle Sql Developer,barulah kita membuat table atau dalam bahasa Sql nya ‘create table…..’Kelebihan dari pembuatan DDL dan DML di Oracle Sql Developer itu sendiri ialah karena sudah berbentuk GUI.Tapi bukan berarti dalam Oracle Sql Developer ini kawan-kawan tidak bisa menggunakan media ‘console’ sebagai pembuatan table.Namanya ‘Sql Plus’..Kira-kira gambarnya kaya gini kawan-kawan..

 

 

 

 

 

 

 

 

4.Langkah selanjutnya ialah kawan-kawan sudah bisa

langsung melakukan proses ‘DML’.Lihat gambar di dibawah ini….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Dan kira-kira seperti ini hasilnya

 

 

 

 

 

6. Jika kawan-kawan sudah bisa sampai tahap yang atas,maka kawan-kawan bisa saja langsung malakukan perintah ‘DML’ yakni seperti update,delect,dll.

 

Sekian dahulu materi Oracle nya,sampai ketemu dilain kesempatan

About halojack

i'm a simple guy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: