Cara Compile program assembly

Assalamulaikum…

Lagi-lagi kawan saya datang untuk membagi sedikit ilmu saya untuk kawan-kawan semua.
Kali ini yang akan saya bagikan adalah “cara compile program assembly”.Pastinya kawan-kawan sudah banyak yang menggeluti berbagai bahasa pemrogaran termasuk cara compile nya.Adakah yang sudah belajar pemrogaman assembly???Atau baru belajar??Nah ini mungkin cocok buat kategori yang terakhir dan langsung saja dipraktekan dan akan ada sedikit penjelasannya…

1. Dari gambar di bawah,terlebih dahulu kawan-kawan memindahkan ke direktori tempat menyimpan file program tersbut.Kalau saya,lokasinya adalah C:/TASM/BIN.Kemudian ketikkan perintah yang disamping tanda panah merah tersebut.Apa maksudnya??Awalnya file yang akan kita compile masih berekstensi .asm,dengan mengetikkan perintah tersebut,maka file tersebut akan kita ubah ekstensinya menjadi .OBJ.

output1

 

 

 

 

 

 

2. Yang kedua,setelah kita ekstensinya menjadi .OBJ,masih ada step berikutnya yaitu mengubah ekstensinya menjadi .EXE agar bisa di running.Cara nya ketikkan perintah yang tertera di sebelah panah merah pada gambar.

output2

 

 

 

 

 

 

3. Setelah step 2 diatas dijalankan,otomatis file kita akan berunah ekstensinya menjadi .EXE.Jika tidak percaya,bisa kawan-kawan cek di lokasi tempat kawan menyimpan file tersebut.Dan terakhir,program siap di running dengan cukup memanggil nama program nya saja seperti pada gambar di bawah..

output3

 

 

 

 

 

 

Sudah jelas kan kawan??Mudah bukan??

Silahkan mencoba nya dan selamat belajar assembly..hehehehe

About halojack

i'm a simple guy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: